Powered by Blogger.

Tuesday 19 January 2016

Tag: ,

Fakta Ini Bikin Kamu Tak Mau Minum Kopi Luwak Lagi

Kopi luwak merupakan minuman kopi paling eksklusif di dunia. Seduhan kopi ini diambil dari biji kopi yang terdapat dalam kotoran luwak atau musang kelapa. Biji kopi luwak diyakini memiliki cita rasa yang istimewa setelah dimakan dan melewati pencernaan hewan luwak. Biji kopi luwak merupakan biji kopi termahal di dunia yang harganya dapat mencapai USD 100 per 450 gram atau setara lebih dari 1,3 juta.
Biji kopi luwak pada mulanya diambil dari kotoran luwak liar yang hidup di hutan. Hewan dengan nama ilmiah Paraxorus Hermaphroditus tersebut merupakan hewan pemalu yang hidup secara soliter di hutan dan aktif pada malam hari. Mereka umumnya tinggal di sekitar perkebunan kopi.





Pada musim panen kopi, luwak-luwak liar ini akan memakan biji kopi saat malam hari. Kemudian keesokan harinya, para pekerja kebun kopi akan mengumpulkan biji-biji kopi yang terdapat dalam kotoran luwak. Tingkat kesulitan yang tinggi untuk mengumpulkan biji kopi luwak inilah yang menjadikan biji kopi luwak eksklusif.
Maka tak heran kenapa biji kopi luwak dapat memegang harga paling wahid diantara semua jenis kopi. Kemasyhuran kopi ini di kawasan Asia Tenggara telah lama diketahui, namun baru menjadi terkenal luas di peminat kopi gourmet setelah publikasi pada tahun 1980-an.

Fakta Kopi Luwak

Namun fakta ini bikin kamu tak mau minum kopi luwak lagi. Saat ini hampir tidak mungkin kita menemukan kopi luwak yang original. Kopi luwak yang ada di pasaran, merupakan biji kopi yang berasal dari kotoran luwak liar yang ditangkap dan dimasukkan ke dalam kandang.
Luwak-luwak liar kini harus hidup berjejal-jejal dalam kandang. Hal ini tidak cocok untuk luwak yang sebenarnya merupakan hewan penyendiri. Kondisi seperti ini akan membuat luwak-luwak liar tertekan dan menderita. Mereka dipaksa memakan kopi sebanyak mungkin. Keadaan tersiksanya luwak sering kali membuat mereka mati di dalam kandang.
Untuk secangkir kopi luwak yang kamu nikmati, ribuan luwak harus hidup menderita dalam kandang. Tegakah melihat mereka hidup tersiksa demi kenikmatan secangkir kopi?

About Unknown

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

 

Follow Me On Instagram