Powered by Blogger.

Thursday 21 January 2016

Tag:

Ingat!!..Bulan Maret 2016 Ada Gerhana Matahari Total yang Hanya Bisa Di Nikmati Di Indonesia

Ingat!!..Bulan Maret 2016 Ada Gerhana Matahari Total yang Hanya Bisa Di Nikmati Di Indonesia

Gerhana matahari adalah salah satu fenomena alam ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari.



Gerhana matahari sendiri sudah sering terjadi di Indonesia.
Tapi ada yang istimewa di bulan maret 2016 mendatang, yaitu gerhana matahari total yang hanya akan terjadi di Indonesia. Bayangkan, seluruh dunia akan tertuju padanya.

Thomas Djamaluddin, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengatakan Gerhana Matahari Total terjadi ketika piringan bulan menutupi seluruh piringan matahari. Saat itu matahari terlihat gelap total karena pancaran cahaya ke bumi terhalang oleh bulan.
 
"Pada saat itu matahari terlihat menjadi gelap total karena piringan matahari yang bersinar terang itu tertutupi oleh bulan, maka atmosfer matahari yang disebut sebagai korona itu terlihat dengan indahnya," ucap Thomas seperti yang dikutip pulsk.comdari detik.com saat berbincang di kantornya, Jalan Pemuda Persil No.1 Rawamangun, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Menurut Thomas, Gerhana Matahari Total menjadi istimewa karena atmosfer matahari atau korona  yang berwarna indah itu bisa dilihat dengan mata langsung, selama menggunakan kacamata pelindung ultraviolet. Sebab korona itu tidak bisa dilihat jika tidak sedang terjadi gerhana.

"Pada saat matahari tertutup, korona atau mahkota matahari bisa terlihat dengan indah. Kalau hari-hari biasa nggak bisa dilihat karena kalah oleh cahaya matahari yang terang. Warnanya indah sekali, merah, hijau, kuning gitu," jelas Thomas.

"Gerhana matahari tidak memancarkan radiasi yang berbeda dari pada radiasi yang ada pada matahari. Gerhana matahari total itu radiasi matahari tertutup oleh bulan tidak berbahaya sama sekali," tambahnya.

GMT hanya dapat diamati dari daerah yang dilintasi bayangan umbra Bulan. 9 Maret 2016nanti, hanya Indonesia satu-satunya negara yang dilintasi bayangan itu, sehingga harusnya keindahannya bisa disaksikan dan dinikmati.  Daerah di Indonesia yang akan dilintasi bayangan itu terdiri dari 10 provinsi, mulai dari bagian Indonesia barat hingga timur.

"Jalurnya melalui 10 provinsi, mulai dari Bengkulu, Sumatera Selatan, Babel, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah dan Maluku Utara," ucap Thomas.

"Ketika gelap piringan matahari tertutup seperti kondisi Magrib, tapi kalau Magrib masih ada senjanya. Kalau ini gelap ada cahayanya lembut sekali, suasana seperti ada cahaya bulan, gelap. Masih bisa lihat sekitar tapi remang-remang. Di ufuk timur mataharinya tidak terlihat tapi koronanya kelihatan," jelasnya.
 

Ternyata peristiwa fenomena alam ini sudah diberitakan sejak tahun 2009 lalu. Astronom Riser Fahdiran bahkan sudah menginfokan peristiwa ini saat gerhana matahari cincin melewati Indonesia 2009 lalu.

"Setelah gerhana cincin, akan terjadi gerhana matahari total pada 9 Maret 2016. Dan peristiwa ini dapat dilihat di Jakarta," kata Riser Fahdiran, di Planetarium, Jl Cikini Raya, Jakarta, Senin (26/1/2009) lalu.


Wah, bangga dong kita tinggal di Indonesia bisa jadi tempat satu-satunya di dunia yang bisa menikmati gerhana matahari total, apalagi yang bisa melihat langsung. Gimana nih Pulsker? berniat berlibur ke tempat terjadinya gerhana matahari total? Tinggalkan komentarmu dan silahkan sebarkan berita ini ke media sosialmu!

About Unknown

Hi, My Name is Hafeez. I am a webdesigner, blogspot developer and UI designer. I am a certified Themeforest top contributor and popular at JavaScript engineers. We have a team of professinal programmers, developers work together and make unique blogger templates.

 

Follow Me On Instagram